Kamis, 05 Maret 2020

FOMPA Butuh Perhatian Bupati, Minta Difasilitasi Komisi IV


Purwakarta – Hari itu memang hari tersibuk bagi Komisi IV yang sering berhadapan dengan urusan masyarakat

Di tengah kepadatan kegiatan hari itu, anggota Komisi IV Muksin Junaedi (Fraksi Berani) menerima audiensi FOMPA (Forum OSIS MPK Purwakarta), Kamis (5/3/2020) di ruang rapat paripurna. Semula ia didampingi Zaenal Arifin (Fraksi PKB). Namun, sehubungan ia harus menemani Ir. H. Moch Arif Kurniawan MM menerima kunjungan  kerja DPRD Kabupaten Buton Tengah, selanjutnya Muksin Junaedi didampingi Yanthi Nurhayati, S.Pd ( Fraksi DPN).

Sekitar 60 orang rombongan  FOMPA diketuai oleh Muhammad Rihandi.  Ia menerangkan, FOMPA sebenarnya sudah lama berdiri, tepatnya tanggal 23 April 2013. Anggotanya terdiri dari pengurus OSIS pada masing-masing sekolah SMA/SMK yang terdapat di tujuh belas kecamatan. Namun, sejauh ini merasa tidak diperhatikan oleh Bupati, terutama semenjak pertangungjawaban pengelolaan SMA/SMK diambil alih oleh Provinsi Jawa Barat.

“Padahal sebagai organisasi kepemudaan, FOMPA cukup berprestasi. Ada beberapa penghargaan yang pernah diterima. Sedangkan untuk melakukan koordinasi dan konsultasi dengan Provinsi Jabar cukup jauh. Karena itu, kami mengharapkan Komisi IV mau memfasilitasi kami, karena bagaimanapun kami warga dan putra daerah Purwakarta,”tutur Rihandi.


Ia menerangkan, sejauh ini telah mengajukan permohonan audiensi, hanya DPRD Purwakarta dan Disporaparbud yang mau menerima mereka. Sebaliknya, sudah lima kali mengajukan permhonan yang sama  kepada Bupati, belum pernah ditanggapi. “Kami ingin dipandang seperti organisasi kepemudaan yang lain, yang ingin bersinergi dan turut serta mengharumkan Purwakarta,” tukasnya.

Sebelumnya, Muksin Junaedi secara rinci menerangkan tentang tatanan organisasi DPRD dan tupoksinya, sebagaimana hal utama yang dipertanyakan FORMA. Mulai dari jumlah anggota DPRD sebanyak 45 orang, sehubungan jumlah penduduk Purwakarta masih di bawah 1 juta orang. Pimpinan ada 4 orang, di mana kursi Ketua dan Wakil Ketua diduduki partai pemenang Pemilu legislatif lalu.

Selanjutnya Muksin menjelaskan tentang jumlah fraksi dan 4 Komisi yang ada, terkait karakter bidangnya. Ia juga menerangkan tentang  badan-badan di DPRD terkait tugasnya, yaitu Badan Musyawarah, Badan Anggaran, Badan Kehormatan. Semuanya diterangkan secara rinci dan detail kepada rombongan FOMPA, termasuk tupoksi anggota DPRD yakni Anggaran, Legislasi, dan Pengawasan.

Sebagai alumni SMAN I Wanayasa dan pernah menjadi Ketua OSIS, Muksin menyambut gembira, karena banyak anggota FOMPA yang bercita-cita menjadi anggota DPRD. “Komisi IV juga bertangungjawab turut mensukseskan penyelenggaraan dunia pendidikan, sebagaimana menjadi salah satu bidang kerjanya,”tuturnya.


Zaenal Arifin menambahkan, anggota DPRD juga berasal  dari 6 daerah pemilihan (Dapil). Dijelaskannya, jika ingin menjadi anggota DPRD, terlebih dulu harus masuk menjadi anggota partai politik. Pasalnya,  partai politik merupakan kendaraan bagi seseorang untuk menjadi anggota DPRD atau jabatan politis lainnya.

“Kalau anggota DPRD hanya diusung  satu partai politik, sedangkan jabatan Bupati bisa diusung oleh gabungan partai politik,” jelasnya.

Yang menarik pada saat berlangsung tanya-jawab. Muksin Junaedi menjawab dengan cukup  bijaksana dan cekatan, karena pertanyaan bervariasi yang dilontarkan audiens mulai perkawinan di bawah usia, demo pelajar, masih minimnya fasilitas bagi penyandang disabilitas dll.

“Namun, apakah FORMA itu adalah organisasi legal atau tidak, harus mengacu pada aturan yang ada. Mulai dari Akte Notaris pendirian yang sah, terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM, dan terdaftar di Kantor Kesbangpol. Jika dokumen-dokumen pendukung itu terpenuhi, silahkan lain waktu beraudiensi lagi dengan Komisi IV,”jelas politisi partai Hanura ini. (Humas DPRD).

1 komentar:

  1. Your Affiliate Money Making Machine is ready -

    And getting it running is as simple as 1--2--3!

    Here are the steps to make it work...

    STEP 1. Input into the system what affiliate products you intend to promote
    STEP 2. Add PUSH BUTTON TRAFFIC (it LITERALLY takes JUST 2 minutes)
    STEP 3. See how the system grow your list and sell your affiliate products all for you!

    Do you want to start making money??

    Click here to make money with the system

    BalasHapus

Ketua Tim Penyusunan Tatib DPRD Dulnasir MH; Penyusunan Tatib DPRD Purwakarta Telah Berhasil Dirampungkan Tim

Ketua Tim Penyusunan Tatib DPRD Purwakarta, Dulnasir, SH.,MH (pakai kacamata) dan anggota DPRD Purwakarta Said Ali Azmi alias bang Jimi.  PU...