Rabu, 22 April 2020

Pimpinan, Anggota dan Setwan DPRD Purwakarta Ramai-Ramai Sumbang Darah


Purwakarta -  Ketua DPRD Kabupaten Purwakarta H. Ahmad Sanusi memimpin segenap jajarannya beramai-ramai menyumbangkan darah, Rabu (22/4/2020). Turut mendampinginya antara lain Wakil Ketua Warseno, SE, Ketua Fraksi Golkar Hj. Enah Rohanah dan segenap anggota DPRD lainnya, Sekretaris DPRD Drs. H. Suhandi, M.Si, para Kabag dan Kasubag, serta seluruh ASN dan non ASN di lingkungan Setwan.


 Ahmad Sanusi mengatakan, tujuan donor darah ini untuk memenuhi persediaan darah di PMI Kabupaten Purwakarta, terutama agar tercukupi selama bulan suci Ramadhan 1441 H ini.

“Selain itu, hal ini juga merupakan amal ibadah kita, karena membantu sesama,” ujarnya, seraya menghimbau masyarakat, agar berkenan untuk melakukan donor.



Ia menambahkan, donor darah ini sengaja dilakukan oleh Pimpinan DPRD, anggota dan seluruh pegawai baik ASN dan non ASN di lingkungan Setwan DPRD Purwakarta, guna menambah stok darah di PMI.

“Soalnya, saya mendapat informasi, bahwa selama tanggap darurat covid-19, PMI kekurangan stok darah,” ujarnya.



Faizal,  salah seorang petugas PMI mengatakan, usia calon pendonor dibatasi maksimal 60 tahun. Seseorang yang kurang tidur pada  malam hari, dilarang  mendonorkan darah. Pada proses pelaksanaannya, para calon pendonor, sebelumnya dilakukan pengecekan suhu, diambil sampel darah, dan pengukuran tekanan darah. Pelaksanaan pengambilan darah bagi setiap orang memerlukan waktu sekitar 5 – 10 menit.

“Apabila tekanan darahnya tinggi, diberikan kesempatan beberapa saat dulu untuk menurunkan tekanan darahnya. Apabila tidak turun-turun juga, ya terpaksa yang bersangkutan tidak diijinkan donor pada hari itu,”katanya.



Dihubungi terpisah, Ketua PMI Lalam Martakusumah, M.Si menyampaikan ucapan syukur, atas partisipasi Pimpinan dan anggota DPRD, Sekretaris DPRD dan segenap pegawai Setwan, yang berkenan menyumbangkan darahnya untuk membantu sesama.

Ia mengaku, PMI memang kekurangan stok darah, dampak dari covid-19. Setidaknya, persediaan yang ada hanya cukup untuk sampai awal bulan puasa. “Mudah-mudahan dengan kepedulian dan jiwa kemanusiaan Pimpinan DPRD, bisa juga diteladani oleh masyarakat secara luas,” harap Lalam. (Humas DPRD).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar