Sabtu, 24 Juni 2023

Komisi III DPRD Purwakarta Mengapresiasi 3 Perangkat Daerah Tanpa Temuan di LHP BPK

 

Ketua Komisi III DPRD Purwakarta, Hidayat, S.Th.I saat memimpin rapat pembahasan LHP BPK dengan 3 Perangkat Daerah, Jumat (23/6/2023)

PURWAKARTA - Komisi III DPRD Purwakarta, Jawa Barat, mengapresiasi 3 (tiga) Perangkat Daerah (PD) yang dinyatakan clear and clean (tidak ada temuan) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK.

Hal itu terungkap saat dilaksanakan rapat yang dilakasanakan oleh Komisi III DPRD Purwakarta dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) dan Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Purwakarta terkait pembahasan LHP BPK Tahun Anggaran 2022

"Dalam melaksanakan agenda kerja ini, kita sebagai mitra kerja antara DPRD dan OPD akan bersinergi bila komunikasi yang kita jalin berjalan beriringan bersama. Kami Komisi III menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada OPD yang hadir sebagaimana undangan yang kami sampaikan,"demikian disampaikan Ketua Komisi, Hidayat, S.Th.I pada pembukaan rapat, Jumat (23/6/2023) diruang Komisi III DPRD.

Para pejabat tinggi Pemkab Purwakarta saat mengikuti rapat pembahasan LHP BPK dengan Komisi III DPRD Purwakarta, Jumat (23/6/2023).

"Kami mengundang bapak bapak untuk menghadiri rapat kerja ini terkait dengan pembahasan LHP BPK (laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan),  Dimana pembahasan LHP BPK pada periode ini diberikan mandat pembahasannya kepada komisi-komisi. Biasanya pembahasan LHP BPK ini oleh Badan Anggaran (Banggar DPRD-red). Periode ini dipandang untuk lebih efektif langsung dengan OPD yang bersangkutan berhubungan dengan leading sektornya. Untuk mempersingkat waktu kami persilahkan masing-masing OPD menyampaikan laporan hasil LHP BPK. Silahkan dari Diskominfo dulu, kemudian Disporaparbud dan Dishub ya. Apakah ada temuan seperti apa, catatan maupun rekomendasi dari BPK terhadap OPD yang saudara pimpin,"ujar Hidayat mempersilahkan para pejabat Perangkat Daerah untuk menyampaikan hasil LHP BPK.

Setelah ketiga pejabat tingggi Perangkat Daerah menyampaikan LHP BPK, ketua Komisi III menyampaikan terimakasih atas kehadiran dan memberikan apresiasi yang tinggi karena ke-3 OPD tersebut dinyatakan clear and clean, tidak ada catatan, rekomendasi maupun pengembalian kelebihan anggaran yang biasa dilakukan BPK. "Saya mengucapkan banyak terimakasih atas kerjasamanya dan mohon maaf bila ada kekurangannya,"Hidayat menutup rapat hari itu. (Humas Setwan)

Kamis, 22 Juni 2023

Kerja Dokter Belum Dibayar BPJS Kesehatan, Komisi IV DPRD Purwakarta Gelar RDP

Rapat Kerja Komisi IV DPRD Kab. Purwakarta terkait Mekanisme Klaim Rumah Sakit Kepada BPJS Kesehatan berkaitan dengan Jasa Medis

PURWAKARTA - Sungguh memilukan nasib dokter disebuah Rumah Sakit Swasta di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Betapa tidak, hasil kerja tindakan medis mengoperasi pasien ditempatnya bekerja ternyata sejak Januari, Pebruari dan Meret 2023 banyak yang belum dibayarkan oleh pihak BPJS Kesehatan.

"Pada bulan Januari saya melakukan tindakan operasi sebanyak 28 kali, hanya 5 yang dibayar. Kemudian pada Pebruari 39 kali melakukan operasi hanya dibayar 5 dan pada bulan Maret 2023 saya melakukan tindakan operasi kepada pasien yang datang ke RS tempat saya bekerja sebanyak 20 kali yang dibayarkan cuma 3,"kata seorang dokter dari RS Swasta yang mengadukan nasibnya dihadapan anggota Komisi IV DPRD Purwakarta, Said Ali Azmi dari Fraksi Gerindra yang akrab disapa bang Jimmy pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) DPRD Purwakarta dengan pihak BPJS Kesehatan Kabupaten Purwakarta, di ruang Komisi IV gedung DPRD Purwakarta, Rabu (21/6/2023).

"Saya pernah tanyakan kenapa hasil kerja saya belum dibayar semua kepada manajemen Rumah Sakit (RS) tempat saya bekerja. Jawaban dari pihak manajemen RS, klaim yang disampaikan ke BPJS Kesehatan masih belum lengkap administrasinya dalam hal tulisan rekaman medis dokter tidak bisa dibaca oleh pihak BPJS Kesehatan,"tambah sang dokter.

Sempat terjadi adu argumen antara dokter yang komplain akibat hasil kerjanya belum dibayarkan pihak BPJS dengan perwakilan dari kantor BPJS Kesehatan Purwakarta yang menghadiri RDP. "Kalau kami (BPJS Kesehatan) mengacu pada regulasi yang kami pegang. Ketika secara administrasi pihak manajemen Rumah Sakit mengajukan klaim dan syarat-syaratnya tidak sesuai regulasi maka kami belum bisa membayarkan klaim itu,"kata seorang perwakilan dari BPJS Kesehatan Kabupaten Purwakarta.

Alotnya perdebatan perbedaan tafsir dan pandangan itu, akhirnya pimpinan RDP Said Ali Azmi meminta masing-masing pihak (dokter, RS dan BPJS Kesehatan) mencari solusi dengan komunikasi yang terbuka satu sama lain agar tidak berdampak merugikan pasien akibat kekecewaan dokter tidak mau menangani pasien BPJS Kesehatan karena hasil kerjannya yang belum dibayarkan pihak BPJS Kesehatan.

"Baiklah, saya harap pihak RS dan BPJS segera bisa menyelesaikan apa yang menjadi keluhan dari pak dokter ini ya. Saya juga meminta kepada dokter-dokter di seluruh Rumah Sakit yang ada di Purwakarta agar tidak pilih kasih terhadap pasien BPJS Kesehatan dengan pasien non BPJS. Pasien BPJS Kesehatan itu sama bayar juga dengan pasien yang tidak pakai BPJS Kesehatan. Jadi jangan dibedakan pelayanannya. Ini menyangkut nyawa manusia, bukan cuma untung rugi,"tegas Bang Jimmy. (Humas Setwan)

Senin, 12 Juni 2023

Sekretaris DPRD ; Tingkatkan Disiplin Kerja

Sekretaris DPRD, Drs. Suhandi, M.Si saat memberikan arahan pada Apel Pagi. 


Purwakarta - Pegawai Sekretariat DPRD ASN maupun Non ASN kembali melakukan kegiatan rutin Apel Senin Pagi di halaman Gedung Sekretariat DPRD, Jl. Ir. Djuanda , Ciganea, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta (12/06/2023).

"Alhamdulillah Pagi ini kita dapat berkumpul kembali. Meskipun pasukan tidak lengkap, Karena sebagian pegawai sedang kegiatan memfasilitasi Anggota DPRD. Semoga semua pegawai dalam keadaan sehat wal'afiat" Ujar Sekwan Suhandi saat pembukaan. 

Suhandi menekankan untuk disiplin kerja kepada pegawai, agar menjadi pegawai yang produktif. "Misalkan belum ada giat atau tugas, maka tanyakan pada atasan untuk meminta tugas. Dengan begitu, sesaat kita sampai di kantor tidak banyak diam ataupun banyak melihat hp." Suhandi menambahkan. 

Selain itu, Suhandi juga mengingatkan untuk saling membantu mengerjakan tugas meskipun beda bagian. Karena kita satu, Sekretariat DPRD. "Kita jangan terpaku Bagian, saling bantu dalam mengerjakan tugas. Kalau Bagian lain meminta tolong untuk mengerjakan sesuatu, maka kerjakan dengan baik." Ungkap Suhandi. 

Sekwan juga menjelaskan dengan belum terisinya jabatan Kepala Bagian Umum, maka Analis Sumber Daya Manusia Aparatur Ahli Muda, Fujiono, S.STP dituakan (Orang yang dituakan) di Bagian Umum. 

Diakhir Apel, Suhandi menggarisbawahi pentingnya menjaga kebersihan. Karena kebersihan dari lingkungan Sekretariat DPRD bukan hanya dikerjakan oleh petugas kebersihan, tapi harus dibersihkan dan dijaga oleh kita semua. (Humas Setwan

Sabtu, 10 Juni 2023

Sekretariat DPRD Mengikuti Acara Jambore IT Diskominfo

Apel Pembukaan Jambore IT, dipimpin Kadiskominfo, Rudi Hartono, S.AP., MM. (Paling kiri pakai topi) 

Bandung Barat - Sekretariat DPRD mengikuti acara Jambore IT Diskominfo di Pal 16 Cikole, Jl. Raya Tangkuban Parahu, Kelurahan Lembang, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat yang berlangsung tanggal 7 - 8 Juni 2023.

"Alhamdulillah hari ini kita dapat berkumpul kembali di acara Jambore IT dengan sehat wal'afiat. Kita akan kembali belajar dengan konsep outdoor, yaitu konsep belajar dengan menyenangkan, bukan situasi yang menegangkan, bukan situasi yang kaku, yang esensinya edukasi dapat diterima oleh para Peserta pelatihan Operator IT. "ucap Rudi selaku Kadiskominfo dalam pembukaan.

Rudi juga menegaskan untuk menjaga kesehatan bagi seluruh Operator IT dan Panitia dalam menggelar acara Jambore IT ini. Dikarenakan akhir-akhir ini cuaca tidak menentu. Acara Jambore IT ini sebagai ajang upgrade ilmu bagi Operator IT seluruh OPD, Kecamatan dan Kelurahan di Kabupaten Purwakarta. Rudi berharap setelah kegiatan ini, semua Operator IT dapat menerapkan upgrade ilmu tersebut di OPD, Kecamatan dan Kelurahan masing-masing. 

Pemateri pertama dipaparkan oleh Triana Wulandari, M.Kom dari Rekhatama Training Center, membahas tentang Implementasi Helpdesk dan Service Desk untuk Optimalisasi layanan Digital. "Helpdesk lebih kepada memberi pertolongan apabila diminta, sedangkan Service Desk memberikan pertolongan tanpa diminta. Biasanya Service Desk memberikan pertolongan secara berulang seperti contoh permintaan Data Tahunan. Untuk itu dapat dibedakan dari cara bekerjanya, apabila Helpdesk itu reaktif, diminta dulu baru dikerjakan. Service Desk kebalikannya yaitu Proaktif memberikan pertolongan sebelum diminta. Mau jadi Helpdesk atau Service Desk? " Tanya Tri panggilan dari Triana Wulandari. "Helpdesk" Jawab semua Operator IT dengan suasana riuh.

Sementara dari Diskominfo sebagai pemateri adalah Kepala Bidang Statistik, Iwan Kuswandi, ST, M.Si. Haji Iwan, sapaan Iwan Kuswandi menegaskan pentingnya peran Operator IT untuk segera penginputan data yang diminta Diskominfo melalui Sadapur (Satu Data Purwakarta) demi percepatan terbentuk nya E-Office. E-Office ini sangat penting karena sebagai Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah, sarana publikasi mengenai informasi kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) se-Kabupaten Purwakarta.

Hadir juga Kepala Badan Kesbangpol, Yus Djunaedi Rusli S.STP, M.Si sebagai Pemateri terakhir. Dalam pemaparan, Yus memberikan pemaparan betapa pentingnya Digitalisasi Layanan bagi Ketahanan Bangsa. Hal ini berkaitan dengan membangun data kependudukan tunggal atau Satu Data. Dalam Satu Data, terdapat informasi seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi Sosial, ekonomi dan tingkat kesejahteraan. Sehingga informasi tersebut ini menjadi tolak ukur Ketahanan Bangsa. 

Dihari kedua, pagi hari untuk menjaga kebugaran tubuh, semua peserta Jambore IT dan Panitia melaksanakan Jogging track pada sekitaran Pal 16 Cikole dengan dilanjutkan dengan fun game. Fun game ini melatih konsentrasi peserta agar mengerti dan memahami intruksi yang diberikan. Kegiatan terakhir yang dilaksanakan adalah permainan Paint Ball, yang menuntut kerjasama, kesabaran dan ketahanan fisik untuk memenangkan permainan ini. ( Humas Setwan

Senin, 05 Juni 2023

Wakil Ketua DPRD Menghadiri Pembukaan Turnamen Sepak Bola Pasopati Cup Tahun 2023

Wakil Ketua DPRD Warseno, SE (Baju berkerah biru memakai topi, Keempat dari sebelah kanan) menghadiri pembukaan  Turnamen Sepak Bola Pasopati Cup Tahun 2023 (Foto: Rio Octora/Humas Setwan) 

Purwakarta - Wakil Ketua DPRD dari Fraksi PDI-P Warseno, SE menghadiri pembukaan Turnamen Sepak Bola Pasopati Cup Tahun 2023, bertempat di Lapangan Yon Armed, Jl. Raya Sadang - Subang No. 9, Kelurahan Ciwangi Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta. 

Pasopati Cup merupakan sebuah turnamen sepak bola yang digelar setiap tahunnya oleh Yonarmed 9/Kostrad. Sebagai ajang silaturahmi dengan menjunjung penuh sportivitas, karena sportivitas merupakan salah satu karakter bangsa yang harus di miliki.

Dalam pembukaan turnamen sepak bola pasopati cup ini yang juga di hadiri Bupati Anne Ratna Mustika, digelar juga pertandingan eksibisi antara Pasopati Family melawan Pouer S Legend. Pertandingan ini berjalan dengan seru dan menarik. 



Diharapkan turnamen Pasopati Cup ini bisa berjalan dengan baik, dan semua tim bisa menampilkan permainan yang terbaik sebagai contoh bagi generasi kita selanjutnya. 

Selamat bertanding kepada seluruh klub, jadikan jiwa sportifitas sebagai landasan dalam menjalankan setiap bagian turnamen ini. Penting bagi kita untuk meraih prestasi, akan tetapi lebih sangat penting lagi jika prestasi yang diraih dengan kejujuran, baik kemenangan dan kekalahan diperoleh dengan penuh kehormatan.

Turut hadir dalam pembukaan turnamen ini unsur Forkopimda, Kadisdik, Kadis PUPR, Kadis Damkar, Kadisporaparbud.(Humas Setwan)

Sekretariat DPRD : Resapi dan Amalkan makna Puji dan Syukur

Sekretaris DPRD, Drs.Suhandi, M.Si saat menjadi Pembina Apel (Foto: Rio Octora/Humas) 

Purwakarta - Pegawai Sekretariat DPRD ASN maupun Non ASN kembali melakukan kegiatan rutin Apel Senin Pagi di halaman Gedung Sekretariat DPRD, Jl. Ir. Djuanda , Ciganea, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta (05/06/2023).

Upacara Apel Pagi ini dipimpin langsung oleh Sekretaris DPRD Purwakarta, Drs. Suhandi, M.Si dengan Pemimpin Apel pagi oleh Asmana, S.Pd.I, M.Si.

"Pertama-tama mari kita panjatkan Puji dan Syukur kehadirat Allah SWT. Alhamdulillah Pegawai ASN, Non ASN dan Siswa PKL dapat kembali mengikuti Apel Pagi dalam keadaan sehat wal'afiat. Ada teman kita yang Pagi ini tidak bisa mengikuti Apel, dikarenakan sakit."ungkap Pak Sekwan sebutan dari Suhandi.

 

Suhandi berpesan agar resapi dan amalkan kata dari "Puji dan Syukur". Kata ini sangat dalam maknanya apabila diresapi. Dimana kita selalu memuji kepada Sang Ilahi Rabbi dan bersyukur pada keadaan susah maupun senang. "Kita patut bersyukur bekerja di Pemerintahan terutama di Sekretariat DPRD sebagai ASN maupun Non ASN. Banyak diluar sana harus bekerja keras banting tulang dari pagi sampai malam yang hanya cukup untuk makan." Ujar Suhandi. 

Diakhir Apel, Suhandi mengingatkan kembali untuk meningkatkan kedisiplinan bekerja, saling bekerjasama, saling ajak dalam kegiatan antar bagian serta tak lupa mempersiapkan persiapan Hari Jadi Purwakarta. (Humas Setwan)